Pemkab Jepara Rencanakan Tarik Semua Carik Berstatus PNS

0
63

Jepara – Keberadaan carik atau sekretaris desa yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS), akan dievaluasi oleh Pemkab Jepara. Bahkan kemungkinan besar, posisi mereka akan ditarik dan diberbantukan di sejumlah posisi.

Asisten I Sekda Jepara Abbul Syukur menyatakan, rencana penarikan carik PNS kemungkinan akan dilukan pada 2020 mendatang. Mereka akan ditarik untuk menempati beberapa posisi yang membutuhkan tenaga. Baik di lembaga pelayanan masyarakat maupun yang lain.

Salah satu alasan penarikan carik berstatus PNS adalah seringnya mereka berada dalam posisi berseberangan dengan petinggi desa. Situasi seperti ini dinilai tidak kondusif bagi jalannya pemerintahan desa.

“Kami sudah koordinasikan dengan teman-teman yang lain. Saat ini kami tinggal menunggu bagaiamana kebijakan dari bupati Jepara. Kemungkinan bisa saja tahun 2020 mendatang sudah bisa dilaksanakan,” ujar Abdul Sukur, Senin (28/10/2019).

Jumlah carik berstatus PNS di Kabupaten Jepara jumlahnya mencapai sekitar 114 orang. Jumlah tersebut sudah mengalami penurunan sejak adanya program pengangkatan carik menjadi berstatus PNS.

Kebijakan pengangkatan carik desa menjadi PNS sendiri merupakan kebijakan dari pemerintah pusat saat itu. Untuk selanjutnya, jika carik PNS ditarik, maka masing-masing desa akan dipersilahkan untuk melakukan pemilihan carik desa.

“Kami nanti akan susun juknisnya berupa Perbup (peraturan bupati). Saat ini kami masih akan menunggu keputusan bupati Jepara,” tegas Abdul Syukur.

sumber : muria news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here